Dituding Tak Paham Aturan FIFA , Panitia Pilih Bungkam

0

MORUT-TR.Com

Ketidak profesionalnya panitia penyelenggara Turnamen Sepak bola Warda Mamala Cup 2021 Kabupaten Morowali Utara, memicu aksi protes keras dari manajemen Putra Bajo FC. Club asal Kecamatan Mamosalato ini menuding pihak panitia penyelenggara tidak paham aturan pertandingan sepak bola resmi yang dikeluarkan oleh FIFA dan menjadi rujukan PSSI sebagai induk organisasi sepak bola di tanah air.

Protes yang dilayangkan Deni Acing selaku manajer Putra Bajo FC bermula saat penentuan juara dan runner up grup B yang dihuni oleh empat peserta masing-masing, Putra Bajo FC, Poranda FC, Kubisu FC dan Harbor FC. Keluar sebagai juara grup adalah Harbor FC dengan 7 poin hasil dua kali menang dan sekali seri. Sementara untuk runner up, Putra Bajo FC dan Poronda FC sama-sama mengemas 4 poin namun panitia memilih Poronda FC sebagai runner up mendampingi Harbor FC ke babak selanjutnya.

“Kami protes keras, kenapa panitia meloloskan Poronda FC sebagai runner up. Putra Bajo FC dan Poronda FC sama-sama miliki 4 poin, tapi kami unggul selisih gol dari mereka. Kami tidak habis pikir panitia pake aturan apa,” tegas Deni melalui keterangan tertulisnya Senin (13/12/2021).

Deni menyebut merujuk pada aturan pertandingan sepak bola resmi yang dikeluarkan oleh FIFA untuk fase penyisihan grup dalam menentukan urutan klasemen, tolak ukur pertama yang digunakan tentunya adalah jumlah poin. Tim dengan jumlah poin lebih banyak akan berada di peringkat lebih baik.

“Jika ada tim yang memiliki jumlah poin yang sama, aturan yang digunakan berikutnya adalah selisih gol. Setelah itu, giliran produktivitas gol yang menjadi pembeda. Nah, kami memiliki produktivitas gol lebih baik dari Poronda FC. harusnya kami yang mendampingi Harbor FC ke babak selanjutnya,” beber Deni.

Dirinya pun meminta Assosiasi Kabupaten (Askab) PSSI Morowali Utara, untuk turun tangan mengawasi jalannya pertandingan.

“PSSI harus turun tangan menegakkan aturan, jangan biarkan panitia penyelenggara membuat aturan sendiri. Ini sangat mencederai semangat sportivitas dalam pertandingan,” tegas Deni.
Klasemen Grup B Warda Mamala Cup 2021
Klub M  M  S  K  GM  GA  POIN
1. Harbor FC 3  2  1  0  5   1    7
2. Putra Bajo 3  1  1  1  11  7    4
3. Poranda FC 3  1  1  1  6   6    4
4. Kubisu FC 3  0  1  2  2   10   1.

Sementara itu dari pihak panitia yang dikonfirmasi melalui nomor HP yang diperoleh TR +62 822-9062-5XXX memilih bungkam enggan memberikan jawaban.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.