Terkait Temuan BPK 10 Tahun Terakhir, Ini Penjelasan Kajari Morowali

0

MOROWALI, SULTENG, Tintarakyat.com

Kepala Kejaksaan (Kajari) Morowali, I Wayan Suardi, SH, MH, beberapa waktu lalu merilis soal temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas penggunaan APBD Morowali selama 10 tahun terakhir dari tahun 2011-2022 di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Morowali.

Berdasarkan hal itu, Kajari Morowali, I Wayan Suardi, menyatakan dengan tegas akan memperkarakan ke meja hijau temuan BPK sisa pengembalian senilai Rp. 11 Milyar dengan deadline waktu pengembalian hingga akhir Oktober 2023.

“Saya tegaskan kita berikan deadline waktu pengembalian hingga akhir Oktober 2023 harus diselesaikan, jika tidak maka kita akan perkarakan ke meja hijau setelah melalui proses di Inspektorat Morowali,” tegas Wayan.

Update terakhir yang diperoleh wartawan awak media dari Kajari Morowali pertanggal 26 Oktober 2023 bahwa dari keseluruhan total 103 Surat Kuasa Khusus (SKK) yang diterima dari Inspektorat Morowali sudah ada 8 SKK telah melakukan pelunasan yakni:

– PT. Dwi Dwi Putra Karsa Utama.
– PT. Mitra Kencana Tadulako.
– CV. Era Baru Morowali.
– PT. Mutiara Rezeki Nusantara.
– Aswin Ilyas.
– PT. Rizki Tunggal Pratama.
– CV. Sunusi Brothers.
– Sinar Alam.
– CV. Cahaya Purangga.

Wayan menjelaskan ,sementara untuk yang belum melunasi terdapat ada sebanyak 87 SKK, dengan sisa pembayaran senilai Rp. 11.923.802.971.77.

“Adapun yang sementara dalam proses bayar (cicil) ada sebanyak 15 SKK yakni.

– Inisial AA Anleg Morowali
– CV. SZK
– CV. SB
– PT. BZM
– PT. BK
– CV. ZR
– CV. SR
– PT. FPA
– PT. MKT
– CV. FBP
– PT. LHK
– CV. PT
– CV. SN
– Inisial AA Anleg Morowali
– dan terakhir inisial LT,” jelas Wayan.

Saat ditanya nama inisial AA yang merupakan salah satu anggota legislatif (Anleg) Morowali terkait pengembalian kelebihan pembayaran cool storage Wayan mengatakan bahwa yang bersangkutan sementara membayar dengan cara mencicil.

“Iya itu AA merupakan Anleg Morowali terkait pengembalian kelebihan bayar cool storage, sudah sementara dicicil pembayaran selama 1 tahun dan ini udah masuk akhir Oktober, saya ingatkan kembali yang merasa punya kewajiban agar segera diselesaikan”, tutup Wayan.(*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.