Gempa 3.9 SR Guncang Morowali, Warga Berhamburan Keluar Rumah

0
MOROWALI-TR.Com
Wilayah Bungku Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M = 3.9. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.61 LS – 121.86 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 14 km arah baratdaya Bungku Kabupaten Morowali, Propinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 5 km Jum’at (16/07/2021).
Kepala Stasiun Geofisika Palu Sujabar, S.T melalui keterangan resminya menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Matano.
Menurut Sujabar hal itu berdasarkan laporan masyarakat, bahwa gempa bumi dirasakan II-III MMI di Morowali. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Ditambahkan Sujabar pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).
“Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG,” tutup Sujabar.
Sementara itu salah seorang warga Bungku Kota Rahma  menyebutkan bahwa gempa tersebut sangat terasa sekali.
“Saya kira kursi yang bagoyang setelah saya keluar rumah ternyata para tetangga sudah berhamburan diluar rumah,” Kata Rahma.(Red).

Leave A Reply

Your email address will not be published.