Jelang Latpres KMM Gelar Road To Latber Eksklusif

0
MOROWALI-TR.Com

Menjelang penyelenggaraan latihan pretasi (Latpres) para kicau mania di Kabupaten Morowali setiap hari Minggu rutin melakukan latihan bersama (latber) di rumah gantangan yang dilakukan secara bergilir baik di rumah gantangan Reog di Desa Bahomakmur Kecamatan Bahodopi dan untuk Minggu (04/04/2021) latber bertempat rumah gantangan Magello alun-alun Rumah Jabatan Bupati Morowali Desa Matansala Kecamatan Bungku Tengah Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah.

Ada sekitar 10 sampai 20 orang peserta setiap latber minggu ceria dengan burung yang dilombakan antara lain Murai, Pleci, Love Bird dan Kenari.
Ketua panitia latber, Drs H Salengke MBA.M.Sc.M.Si mengatakan, kegiatan latber tersebut sebagai ajang silaturahmi bagi para kicau mania yang ada di Kabupaten Morowali yang tergabung dalam komunitas Kicau Mania Morowali (KMM) dan untuk melatih mental burung kesayangan masing-masing.
“Hal ini gunanya untuk menjalin kebersamaan dan silaturahmi kicau mania seluruh Morowali agar bisa bersatu”, katanya.
Menurut Selengke untuk kriteria penilaian lomba atau latberan burung berkicau antara lain irama dan lagu, volume suara dan fisik atau gaya si burung. Bagi para juara,selain mendapatkan tropi juga mendapat uang pembinaan yang diambilkan dari uang pendaftaran peserta.
“Hadiahnya itu dari pesertanya. Nanti pesertanya itu berapa, kita potong, sebagian untuk pesertanya,”jelasnya.
Ditambahkan Salengke latihan bersama burung berkicau di Kabupaten Morowali sudah berlangsung sekitar 6 tahun lalu. Kadang juga ada peserta dari luar daerah seperti dari kabupaten Morowali Utara dan Kabupaten Poso.
“Kadang juga ada peserta dari luar daerah Morowali Utara dan Poso,” tutup Salengke yang juga mantan Kepala BPJamsostek tersebut.(Red)

Leave A Reply

Your email address will not be published.